Cara Mengirim Pesan Di Ponsel / Smartphone Tanpa Mengetik Dengan Jari (Google Voice Typing)

Posted on

Teknologi pengenalan suara dari Google berkembang amat pesat. Ketika pertama kali diintegrasikan pada mesin pencari Google pada 2011, ini menjadi satu alat yang sangat berguna dan memudahkan pengguna melakukan pencarian tanpa harus mengetik. Tetapi, kemajuan pengolahan bahasa Alam (Natural Language Processing) saat ini memungkinkan alat ini melakukan hal yang sangat mengagumkan. Kini, Anda bisa mengetik tanpa menggunakan jari, tetapi menggunakan suara, melalui Google Voice Typing.

BACA JUGA :   

Banyak manfaat yang bisa kita nikmati ketika menggunakan fungsi aktivasi suara seperti Google Voice Typing ini. Coba bayangkan tangan Anda memegang kemudi saat berkendara, tiba-tiba satu pesan penting masuk dan itu harus dijawab secepat mungkin. Dengan meminimalkan kebutuhan untuk mengendalikan ponsel menggunakan tangan, anda bisa memfokuskan terhadap laju kenderaan tetapi pada saat yang sama, membalas pesan tersebut dengan menggunakan suara.

Cara-cara mengaktifkan Google Voice Typing Untuk dapat dipakai Mengirim Pesan Tanpa Mengetik Dengan Jari sangatlah mudah. Ikuti langkah-langkah beriku

1. Aktifkan Google Voice Typing
Masuk ke Setting –> Language & Input –> Current Keyboard –> Choose Keyboards.

 Aktifkan Google Voice Typing
Aktifkan Google Voice Typing

2. Aktifkan Bahasa Yang Diinginkan
Kembali ke Language & Input dan buka pengaturan Google Voice Typing. Jika Anda menetapkan bahasa Indonesia sebagai “default primary”, sistem Google langsung memberi prioritas kepada bahasa Indonesia saat mentranskripsi suara Anda.

Aktifkan Bahasa Yang Diinginkan
Aktifkan Bahasa Yang Diinginkan

3. Mulai Menggunakan Google Voice Typing
Cari ikon mikrofon di sudut sebelah kanan keyboard Anda.

Mulai Menggunakan Google Voice Typing
Mulai Menggunakan Google Voice Typing

Google Voice Typing, amat sigap dalam membantu mengetik pesan di Whatsapp. Meskipun kita memberi masukan dalam bahasa Indonesia, Google Voice Typing tidak ada masalah untuk menerjemahkan suara pengguna.

Pengenalan bahasa Inggrisnya memang cemerlang, meskipun kita bukan penutur pokok bahasa tersebut. Google Voice Typing bisa menangkap kata tertentu meskipun kita tergagap-gagap. Tapi dalam bahasa Indonesia masih belum seberapa efisien. Mungkin belum banyak input yang diterima oleh Google Neural Network yang bertanggung jawab memproses bahasa dibandingkan data yang diterima dari penutur bahasa Inggris.

Google Voice Typing jaga masih memiliki batasan seperti:

  • Masih belum efisien mengenal diksi. Anda harus menggunakan bahasa standar Indonesia supaya Google Voice Typing memahami Anda. Kata Gaul ataupun logat lokal akan menyulitkan deteksi.
  • Tidak bisa digunakan untuk menghasilkan teks berformat. Meskipun Google Voice Typing mampu mengenali ketika pengguna menyuruhnya meletakkan tanda baca seperti koma, titik, dan sebagainya, Google Voice Typing masih sering keliru dalam mengeja tanda baca itu.
  • Ia tidak mengenal kata nama khas. Jika Anda butuhkan sesuatu perkataan atai Nama itu dimulai dengan huruf besar, Anda perlu menggunakan editor tradisional.
  • Dll.

Tetapi, untuk penggunaan singkat seperti membalas pesan Whatsapp, Google Voice Typing memang beroperasi dengan baik. Selain telepon, Anda juga dapat menggunakan Google Voice Typing di komputer. Anda cuma perlu menyediakan mikrofon di komputer untuk tujuan tersebut.

Semoga Bermanfaat – Salam AndroidCups

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *