Tidak Bisa MengInstall Aplikasi di Android ? Begini Cara Mengatasinya

Posted on

Tidak Bisa MengInstall Aplikasi di Android – Saat ini makin banyak sekali pengguna Smartphone berbasis OS Android karena kemudahan dan banyaknya kelebihan yang ditawarkannya. Dimulai dari mudahnya melacak aplikasi dan game sampai pengoperasian sistemnya.

Untuk yang terbiasa dengan OS Android pasti dapat melacak file Apk suatu aplikasi atau game untuk menginstallnya di OS Android. seperti versi mod.

Baca Juga : 5 Game Berbasis Lokasi Mirip Pokemon Go

Namun tak jarang pengguna awam OS Android mengalami kesulitan Tidak Bisa MengInstall Aplikasi di Android. File berformat Apk adalah suatu file yang sanggup dipindahkan dari satu ponsel ke ponsel lainnya tanpa mendownload dahulu. Hal ini efektif untuk menghemat kuota internet.

Tidak Bisa MengInstall Aplikasi di Android ? Begini Cara Mengatasinya
Tidak Bisa MengInstall Aplikasi di Android ?

 

Tidak Bisa MengInstall Aplikasi di Android ? Begini Cara Mengatasinya

1. Izinkan Perangkat Untuk Menginstal Aplikasi Dari Sumber Tak Dikenal

Masalah Tidak Bisa MengInstall Aplikasi di Android seperti ini biasanya terjadi pada smartphone OS Android baru yang segala settingnya masih bawaan pabrik. OS Android sebenarnya menghindar instalasi dari sumber tidak terpercaya dengan memblok instalasi aplikasi dari luar Play Store untuk menjauhi masuknya virus dan malware.

Untuk itu, supaya instalasi aplikasi dari luar lancar, beri izin untuk instalasi dari sumber tak dikenal dengan cara maasuk ke settings, security, dan centang bagian unknown sources.

2. Bersihkan Cache OS Android

Cache yang menumpuk juga bisa menyebabkan banyak persoalan pada OS Android sehingga gagalnya instalasi aplikasi dan Tidak Bisa MengInstall Aplikasi di Android. Jadi rajin rajinlah membersihkan cache OS Android. Jika tidak paham untuk membersihkannya secara manual, Banyak aplikasi pembersih seperti Clean Master atau Ccleaner tersedia secara gratis di playstore.

3. Cari Aplikasi Apk yang Kompatibel Dengan Versi Android Anda

Ada lebih dari satu aplikasi yang dikembangkan developer untuk Operating System tertentu. Contohnya aplikasi A cuma diperuntukkan bagi Operating System Kitkat ke atas, itu artinya aplikasi tersebut tidak akan bisa dipaksakan untuk Operating System Jellybean ke bawah. Jadi terlti dan cermati dahulu keterangan aplikasi sebelum anda mendownloadnya. Pastikan aplikasi tersebut kompatibel dengan perangkat anda.

4. Pasang Aplikasi Apk Installer

Jika metode di atas masih gagal, anda boleh memakai dukungan Apk Installer. Aplikasi ini berguna untuk menginstall aplikasi ekseternal dengan metodenya sendiri (tidak manfaatkan installer bawaan). Anda bisa mendownload Apk Installer gratis di Google Play Store.

5. Bersihkan Cache Google Play Store

Masalah gagal menginstall aplikasi tidak cuma terjadi pada aplikasi eksternal saja. Sering terjadi, aplikasi dari play store juga gagal terinstall. Jika anda mengalami hal ini, coba anda bersihkan cache Play Store OS Android anda. Lalu coba log in dan download aplikasinya kembali.

6. Hapus Aplikasi Aplikasi Yang Tidak Lagi Anda Perlukan

Memori RAM yang penuh juga bisa menyebabkan anda gagal menginstall aplikasi di perangkat anda. Anda apus saja aplikasi yang tidak lagi diperlukan. Seperti aplikasi bawaan, ataupun aplikasi iklan.

7. Lakukan Reset Factory

Jika semua cara di atas tak kunjung berhasil dan anda tetap Tidak Bisa MengInstall Aplikasi di Android, maka cara terakhir adalah dengan reset factory atau mengembalikan semua settingan ke setelan pabrik. Sehiangga semua setting smartphone OS Android anda dapat kembali seperti ketika baru dibeli.

Semoga Ulasannya bermanfaat buat anda, Salam Androidcups

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *